Marketing mix merupakan sebuah strategi pemasaran yang merupakan perpaduan dari faktor-faktor penting yang ada dalam pemasaran. Setiap perusahaan pasti melakukan proses marketing yang membuat barang atau produknya sampai ke tangan konsumen. Untuk menjalankan proses tersebut perlu strategi khusus yaitu strategi marketing mix yang memperhatikan pelayanan konsumen sebaik mungkin untuk mencapai keberhasilan pemasaran.
Pada strategi marketing mix, faktor atau elemen pemasaran yang harus diperhatikan adalah elemen 7P. Elemen 7P ini sangat penting untuk mengembangkan bisnis serta memenangkan persaingan pasar. Apa saja kah elemen 7P itu? Simak pemaparan berikut.
1. Product
Produk adalah objek pemasaran. Tingkat penjualan produk lah yang menghasilkan pendapatan (revenue) sehingga menjadi satu faktor penentu keuntungan perusahaan. Jika ingin melaksanakan sebuah strategi marketing yang sukses, maka memastikan kualitas produk menjadi kewajiban utama perusahaan. Sebab kualitas produk akan menjadi daya tarik utama konsumen. Selain itu, kompetisi bisnis yang ketat juga mendorong pelaku bisnis untuk menjaga kualitas produk dan mencegah konsumen berpaling ke kompetitor.
2. Price
Sejumlah biaya dibutuhkan konsumen untuk memperoleh kombinasi barang dan pelayanan yang mereka inginkan. Sebagai pelaku bisnis, kita perlu menentukan harga yang tepat dan cocok bagi konsumen dengan mempertimbangkan kombinasi tersebut. Jika kita salah menentukan harga, maka bisa berakibat konsumen tidak membeli produk kita dan beralih ke kompetitor.
3. Place
Tempat atau lokasi bisnis termasuk poin yang tak kalah penting dalam marketing mix. Jika pelaku bisnis salah membuka bisnis di lokasi tertentu, maka akan berpengaruh pada jumlah pengunjung yang datang. Tempat berbisnis merupakan salah satu saluran distribusi produk agar sampai kepada konsumen. Karena itu, kita harus memperhatikan kemudahan akses atau strategisnya lokasi bisnis agar mampu menjaring lebih banyak pelanggan.

sumber gambar: Wikipedia
4. People
Elemen People atau Participant bermakna setiap orang (SDM) dalam perusahaan adalah terlibat dalam memasarkan produk atau menentukan strategi marketing produk. Sehingga seluruh sumber daya manusia harus lah baik untuk memberikan pemasaran yang baik pula.
5. Physical Evidence
Elemen fisik atau fasilitas yang digunakan untuk memberikan pelayanan konsumen harus diperhatikan. Bukan hanya fasilitas yang terlihat oleh mata konsumen, namun juga yang tidak terlihat. Sebab fasilitas yang baik akan mendukung agar produk bisa sampai ke tangan konsumen dengan baik pula.
6. Process
Pada elemen strategi marketing mix ini, proses operasi bisnis atau process sangat berkaitan dengan pelayanan kepada para konsumen. Keterlambatan dalam produksi atau layanan tentunya memberikan kekecewaan kepada konsumen sehingga mengganggu pemasaran.
7. Promotion
Promosi merupakan aktivitas penyebaran informasi yang mampu menanamkan sugesti, mempengaruhi, membujuk atau mengingatkan ke pasar jika produk kita telah siap untuk dibeli oleh konsumen. Promosi adalah salah satu cara meningkatkan penjualan produk dengan lebih cepat, sehingga tidak heran banyak sekali perusahaan yang melakukan promosi di berbagai media.